Komisi Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI akan mengadakan seminar bertopik Turn Back Islamofobia pada Rabu, 30 Maret 2022. Seminar untuk mensosialisasikan ketetapan PBB soal Islamofobia ini akan berlangsung secara virtual melalui Zoom mulai pukul 13.00 sampai 16.00 waktu Indonesia barat.

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI, Bunyan Saptomo mengatakan bahwa MUI punya tanggung jawab besar dalam masalah ini. MUI akan melakukan pendekatan yang komprehensif dalam menyikapi Islamophobia. MUI mempunyai bidangnya masing-masing untuk mensosialisasikan ketetapan PBB dengan beragam pendekatan.

Sebelumnya, PBB telah menetapkan tanggal 15 Maret sebagai ‘Hari Internasional Melawan Islamofobia’. Terkait masakah ini, MUI menegaskan bahwa akan melakukan sosialisasi secara masif dan komprehensif.

Bunyan menyampaikan, selain menjadi tugas Komisinya dalam sosialisasi, MUI juga perlu fokus pada bidang lain yaitu dialog dan hukum. Tiga bidang ini, membuat respons MUI dalam melawan Islamophobi menjadi lebih komprehensif.

Menurut Bunyan, perang melawan Islamophobia dapat dilakukan dengan pendekatan hukum melalui penguatan peraturan. Komisi Hukum MUI bisa melakukan pendekatan dengan anggota legislatif untuk melakukan somasi dan penuntutan kepada mereka yang melakukan tindakan Islamofobia. (hidayatullah.com/admin)