Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta. Hal ini sebagaimana diungkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat kemarin.

Menag pun berharap dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah puasa bersama-sama. Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, sidang secara luring digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebagian peserta lainnya berpartisipasi daring melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

Sidang isbat melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, dan undangan lainnya.

Kemenag juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi 8 DPR RI untuk hadir pada sidang isbat. Sidang yang diikuti oleh perwakilan ormas Islam, perwakilan duta besar negara sahabat, serta jajaran Kemenag ini diawali dengan Seminar Posisi Hilal yang disampaikan pakar astronomi yang juga anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor Thomas Djamaluddin. (hidayatulloh.com/admin)