RIYADH (Arrahmah.id) — Arab Saudi baru-baru ini mengumumkan bahwa musim umrah 1443 Hijriah bagi jamaah haji dari luar Arab Saudi akan berakhir pada 30 Syawal.

Dilansir Bernama, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Selasa kemarin, mengatakan bahwa jamaah dari luar kerajaan dapat mengajukan visa umroh individu melalui platform yang disediakan oleh Arab Saudi.

Menurut pernyataan itu, kementerian akan segera mengumumkan tanggal aplikasi haji 1443 Hijriah dan prosedur terkait melalui saluran resmi kementerian.

Pernyataan itu juga menambahkan, bahwa kementerian telah mengeluarkan 6,6 juta lebih izin umroh selama bulan suci Ramadhan ini.

Adapun selain dari 10 hari terakhir Ramadhan, Syawal masih menjadi waktu favorit bagi jamaah untuk melaksanakan umroh. Untuk itu bisa dikatakan ada dua waktu yang diburu jamaah untuk umroh, yaitu Ramadhan dan Syawal.

Di samping itu, Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelayanan ibadah haji bagi satu juta orang pada musim haji tahun 1443 Hijriah.

Sementara tahun lalu Arab Saudi membatasi jamaah haji sebanyak 60 ribu orang dari dalam negeri. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan rata-rata jamaah haji sebelum masa pandemi Covid-19 yang mencapai 2,5 juta orang. (hanoum/arrahmah.id)